Membuat blog menggunakan wordpress seolah menjadi keharusan, karena cms ini mudah dipakai dan disetup. Khusus bagi pemula, tentu sangat menguntungkan karena tidak ada keharusan untuk menguasai kerumitan bahasa pemograman dan mendesain website yang tentu menjadi salah satu kerumitan tersendiri lainnya. Di tengah kerumitan membuat blog yang saat ini sedang trending, wordpress menjadi salah satu solusi bagi banyak blogger.

Wordpress merupakan blog dinamik yang dibuat dengan bahasa pemograman php dan mysql sebagai databasenya. Semua data yang ada diolah oleh php dan data-data tersebut disimpan ke dalam database mysql. Php dan mysql merupakan software yang gratis dan dapat digunakan dan dimodifikasi oleh siapa saja yang mampu melakukannya. Wordpress sendiri terbagi menjadi dua yaitu wordpress.com dan wordpress.org. Untuk wordpress.com merupakan layanan gratis dari perusahaan wordpress itu sendiri dan dapat digunakan oleh siapapun. Sudah banyak yang menggunakannya. Sedangkan wordpress.org merupakan software blog gratis yang dapat digunakan oleh siapapun dan digunakan untuk apapun baik itu sebagai blog pribadi, blog berbayar, dan lain-lainnya yang masih dimungkinkan.

Misi dan visi artikel ini adalah sebagai berikut :

1. Pembaca mengetahui apa itu wordpress

2. Mampu menginstall wordpress di hosting menggunakan cpanel dan dapat membuat blog menggunakan wordpress

3. Mampu memilih dan menginstall plugin wordpress sesuai kebutuhan

4. Mampu memilih dan menginstall template wordpress sesuai kebutuhan

5. Mampu mengoperasikan blog dengan cms wordpress

Mengapa Harus Wordpress

1. Mudah

Wordpress sangat mudah digunakan oleh siapapun. Jika seseorang sudah pernah melihat atau menulis walau pemula suatu pemograman php atau mungkin html atau css, bisa dimungkinkan, menggunakan wordpress adalah mudah. Worpdress.com merupakan platform gratis yang seperti halnya blogspot.com. Untuk tata cara menggunakan wordpress.com ataupun wordpress.org insya allah akan kami tuliskan dalam beberapa seri karena tentu akan sangat banyak memakan tulisan.

2. Wordpress Untuk Semua Kalangan

Apakah anda seorang artis? atau mungkin seorang desainer baju, celana atau mungkin seorang yang hanya ingin membuat blog saja. Maka gembiralah dan cerialah, dengan wordpress anda dapat menggunakannya dengan bebas dan mudah. Wordpress dibuat dengan banyak sekali kemudahan untuk disesuikan dengan kebutuhan. Banyak sekali template yang memungkinkan semua kalangan untuk menggunakan wordpress. Ada yang template untuk blog sederhana, template perusahaan, template photographer, template toko online, dan masih banyak lagi hal lainnya yang dapat dimungkinkan dengan wordpress.

3. Tersedia Banyak Plugin dan Template Gratis

Tersedia banyak template dan plugin, dan semuanya banyak yang gratis. Ada juga yang berbayar. Silakan pilih sesuai dengan kebutuhan.

Dengan plugin, wordpress dapat ditingkatkan fungsi untuk SEO yaitu fungsi untuk optimasi di mesin pencari, seperti google.com, dan masih banyak lagi. Dengan template yang memiliki desain yang bagus, dapat menarik perhatian pembaca dan siapa tahu dapat menjadi customer.

4. Ketersediaan Hosting

Anda tentu senang jika banyak mendapat dukungan di kehidupan ini. Dan kabar gembiranya jika anda menggunakan wordpress, banyak sekali penyedia hosting yang dengan senang gembira mendukung blog wordpress.

Dengan demikian, anda tidak perlu khawatir. Blog wordpress anda akan tetap selalu lancar-lancar saja, selama tidak ada kendala yang berarti. Bahkan ada beberapa penyedia hosting yang dikhususkan bagi wordpress. Blog anda akan dijamin tidak akan mengalami kendala sama sekali jika menggunakan hosting khusus wordpress.

Theme Wordpress

Theme wordpress merupakan salah add on untuk blog engine wordpress. Themes ini jumlahnya ribuan dan mempunyai sifat gratis dan juga berbayar. Themes wordpress terbagi menjadi dua jenis yaitu berbayar atau gratis. Untuk fitur berbayar tentunya lebih banyak daripada yang gratis. Namun belum tentu gratis lebih jelek daripada yang berbayar. Karena banyak juga yang menggunakan themes gratis, traffiknya lumayan bagus. Berikut kami sajikan beberapa tip pemilihan tim yang bagus.

1. Support

Jika anda membeli theme, biasanya akan disediakan support jika ada kendala ketika mengalami kesulitan dalam seting themes. Walau semua theme wordpress mudah untuk dikonfigurasi, terkadang ada beberapa theme yang tidak support untuk php versi tertentu. Versi php yang bisa berjalan dengan baik untuk wordpress adalah php 5, dan sampai sekarang php 5 telah berada di versi php 5,6. Jadi php 4 sudah tidak bisa berjalan lagi. Terkadang ada juga untuk versi php tertentu, contohnya untuk versi php 5,3 themes bisa berjalan dengan baik. Tapi belum tentu untuk php versi 5,6 bisa berjalan dengan baik, atau bahkan tidak bisa diinstall sama sekali. Carilah developer yang mampu memberikan support yang bagus dengan memberikan pertolongan pertama ketika ada kesulitan install themes.

Disini peran developer sebagai salah satu yang perlu dipertimbangkan. Jika developernya masih care dengan nasabah, tentu akan dibuat theme yang mampu berjalan di php versi 5,6 dan juga versi 7.00. Karena saat ini adalah era php 5,6 dan 7.00.

2. SEO Friendly

Semua penjual themes pasti menganggap bahwa milik mereka telah SEO Friendly. Hal ini didukung dengan wordpress itu sendiri yang memang SEO Friendly. Maksud SEO Friendly disini adalah wordpress itu mudah untuk dikenal oleh mesin pencari.

Katanya kalau suatu themes dikatakan SEO Friendly adalah jika memiliki urutan desain sebagai berikut :

  • Header
  • Title
  • Artikel
  • Dan Seterusnya disini

3. Keamanan

Faktor keamanan merupakan salah satu faktor yang penting sekali dalam pemilihan themes. Karena jika tidak bagus dalam membuatnya, akan menimbulkan adanya lubang yang membuat orang lain bisa dengan mudah mengakses blog kita. Developer yang sudah sangat terkenal di dunia wordpress adalah theme genesis, thesis, elegantheme, dan masih banyak lainnya.

4. Jangka panjang

Memilih theme sama juga dengan mimilih plugin wordpress. Pilihlah yang mempunyai reputasi bagus dalam jangka panjang. Karena jika hanya dalam jangka pendek, kita akan kehilangan uang yang lumayan. Walaupun tidak besar-besar amat, seperti Rp. 500.000, tetap saja itu bisa membuat kita jadi kecewa. Karena mungkin desain sudah bagus dan visitor juga banyak. Jika harus ganti theme, harus disesuaikan pula tentang gambar, layout dan beberapa pernik lainnya yang memakan waktu tidak lama untuk setup.

Pilihlah developer yang bisa memberikan jangka panjang dalam hal support themes. Kurang lebih pilihlah kira-kira sampai 5 tahun.

5. Mudah

Terkadang ada beberapa theme yang tidak mudah untuk dikonfigurasi. Ada pula yang harus memerlukan support untuk bisa membuat blog sesuai dengan yang ada di demo. Terkadang disediakan installer yang membuat kita mudah untuk menjiplak semua isi sesuai dengan yang ada di demo. Installer tersebut berisi data seperti yang ada di demo. Sehingga jika kita ingin mengganti kontennya, kita bisa mengubah sesuai dengan apa yang kita ingini.

5. Desain

Wordpress didesain untuk siapa. Siapa saja yang ingin membuat website dengan imajinasi kita. Apakah ingin membuat blog sederhana, untuk portofolio perusahaan, hosting, atau mungkin ingin membuat website periklanan. Ini semua bisa diakomodasi dengan menggunakan wordpress.

Begitu banyak tema desain yang bisa dipilih sesuai dengan keinginan. Desain tersebut sesuai dengan apa yang menjadi keinginan kita dan bisa diakomodir menggunakan themes saja atau harus dengan plugin pihak lain.

Plugin Wordpress

Plugin merupakan add on wordpress yang harus dipakai. Kenapa demikian? Karena fungsi plugin adalah salah satunya untuk meningkatkan kinerja dari wordpress. Contohnya adalah plugin SEO. Plugin ini jumlahnya ribuan dan mempunyai sifat gratis dan juga berbayar. Untuk plugin berbayar atau gratis, sebaiknya pintar dan pandai dalam memilih. Karena terkadang berpikir bahwa plugin ini bagus dan enak dipandang untuk blog tapi belum tentu bermanfaat, baik itu untuk yang namanya SEO, keperluan hosting (ada beberapa plugin yang menyedot banyak resource hosting) dan juga keperluan untuk biar tampil lebih keren dan bagus. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu untuk diperhatikan dalam melihat fungsi dan jenis plugins.

1. Support

Beberapa developer wordpress yang membuat plugin terkadang tidak memberikan support yang banyak. Padahal ada beberapa hal yang mungkin teman perlukan. Misalnya untuk seting supaya dapat berjalan dengan baik di wordpress yang terbaru atau terkadang dengan versi php yang ada di hosting. Versi php yang bisa berjalan dengan baik untuk wordpress adalah php 5, dan sampai sekarang php 5 telah berada di versi php 5,6. Jadi php 4 sudah tidak bisa berjalan lagi. Terkadang ada juga untuk versi php tertentu, contohnya untuk versi php 5,3 suatu plugin bisa berjalan dengan baik. Tapi belum tentu untuk php versi 5,6 bisa berjalan dengan baik, atau bahkan tidak bisa diinstall sama sekali. Nah, disini harus pandai dalam memilih plugin yang sesuai. Saya sendiri pernah membeli plugin seharga Rp. 1,5 juta, namun surportnya tidak ada sama sekali. Menurut saya, kemungkinan pluginnya sudah tidak laku lagi. Dan ini sungguh suatu perilaku yang tidak baik, padahal webnya yang jualan masih nongol di internet. Seharusnya kalau memang sudah tidak mengelola lagi, bisa dijual ke developer lain yang mumpuni atau dilelang di suatu tempat yang mana saya sendiri tidak tahu tempatnya.

Disini peran developer sebagai salah satu yang perlu dipertimbangkan. Jika developernya masih care dengan nasabah, tentu akan dibuat plugin yang support sampai php versi terakhir yaitu php 7.03. Mengingat perkembangan teknologi php sangat pesat dan cepat sehingga diperlukan developer yang handal dalam mengurus pemograman yang baik berkaitan dengan wordpress.

2. Gratis VS Berbayar

Kadang kita berpikir bahwa yang berbayar bisa memberikan suatu support dan lebih bisa memberikan dampak positif untuk blog wordpress. Namun belum tentu demikian. Ada beberapa plugin yang berbayar yang hasilnya juga biasa-biasa saja, bahkan saya juga pernah minta refund. Dan akhirnya, kebetulan ketemu yang jual yang jujur, dikembalikan sesuai dengan garansinya yang 30 hari.

Nah, disini kesempatan bagi teman yang pengin membeli plugin yang bagus, namun masih ragu-ragu. Gunakan saja yang waktu trial 30 hari, dan jika tidak sesuai dengan harapan, kita minta refund 100%.

Plugin gratis banyak yang bagus, misalnya untuk SEO, bernama All in one SEO, dan lain sebagainya. Untuk yang berbayar sekarang ini ada yang namanya optinmonster yang lumayan mahal, yaitu kira-kira 600.000 per tahun dan menurut saya ini adalah salah satu plugin yang mempunyai support yang bagus, karena blognya yaitu wpbeginner merupakan salah satu blog yang mempunyai traffik padat untuk wordpress.

3. Fungsi

Wordpress mempunyai jenis plugin kurang lebih 30.000 lebih di direktorinya. Tentukan pilihan yang baik yang dapat memberikan nilai tambah bagi blog. Karena tidak semua plugin baik dan diperlukan dalam blog teman.

Menurut saya yang paling dasar untuk plugin wordpress adalah untuk SEO, caching, kompresi gambar, sharing social, optin untuk menjaring nasabah, firewall untuk blog dan backup. Semuanya ada yang gratis dan juga ada yang berbayar. Yang gratis belum tentu akan memberikan dampak sedikit untuk kebaikan blog. Yang berbayar juga belum tentu dapat memberikan dampak positif. Pilih lewat forum yang mempunyai kredibilitas yang baik, yang dapat membantu untuk kebaikan blog teman.

4. Dukungan Hosting

Ada beberapa hosting yang tidak suka dengan beberapa plugin wordpress. Biasanya plugin seperti ini bisa menyedot banyak resource di hosting. Dahulu ada yang namanya bstat yang banyak menyedot resource hosting. Namun sekarang seiring berjalannya jaman, untuk keperluan bstat tersebut sudah tidak bisa berjalan dengan baik untuk keperluan SEO.

Jadi pilihlah plugin yang tidak memakan resource yang banyak. Lagipula akan memberikan banyak kerugian bagi teman, yaitu membutuhkan biaya hosting yang banyak. Masih mending kalau sudah menghasilkan ribuan dollar per bulan. Kalau masih nol dollar, tentu menjadi salah satu yang perlu dipikirkan untuk kedua kali.

5. Mudah Digunakan

Pilihlah plugin yang mudah untuk installnya dan setupnya. Terkadang ada beberapa plugin yang memerlukan kepengetahun setingkat dengan developer untuk membuat suatu plugin bisa berjalan dengan baik. Dan hal ini memang tidak banyak di dunia wordperss.

Ada beberapa plugin yang memang membutuhkan pengetahuan yang cukup untuk membuatnya bisa diinstall dengan baik. Misalnya plugin untuk memcached, dimana untuk bisa memaksimalkan fungsi memcached untuk wordpress tidaklah mudah. Kalau hanya install kemudian bisa berjalan sendiri tanpa harus dioprek lagi, hal itu pasti banyak yang ingin menggunakan. Namun terkadang ada bebarapa hal yang harus kita sendiri yang melakukannya dengan support dari hosting yang kita gunakan, juga dari developer yang telah membuat plugin tersebut.

Untuk pemula, cukup memakai plugin yang istilahnya out of the box. Artinya kita install dan lupakan seting lainnya. Tinggalkan dan pakai seting yang ada.

6. Sekuriti

Sekuriti di dunia blog merupakan salah satu hal yang paling menjadi perhatian. Karena bisa blog menjadi tidak secure lagi, dikhawatirkan akan menyebabkan blog menjadi mudah untuk dihack orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Saya pernah membeli plugin untuk related post. Kemudian saya pasang di wpengine, managed wordpress hosting. Kurang dari 24 jam, langsung ada pemberitahuan dari pihak hosting bahwa, plugin yang dipakai telah memakai kode yang tidak secure. Sehingga perlu diperbaiki. Dan akhirnya pihak wpengine memperbaiki tanpa biaya tambahan.

Jadi berhati-hatilah dalam memakai plugin, karena bisa menyebabkan wordpress anda menjadi tidak secure dan mudah untuk dijadikan sasaran serangan pihak yang tidak bertanggung jawab.

Cara Install Wordpress Di Hosting Memakai Cpanel

Install wordpress di hosting yang menggunakan cpanel adalah hal yang sering dilakukan oleh banyak blogger yang menggunakan wordpress sebagai platform blognya. Hal itu terjadi karena banyak penyedia layanan hosting menggunakan cpanel sebagai software untuk pengaturan administrasi hosting. Dengan cpanel, para pengguna hosting akan dengan mudah mengatur untuk menggunakan hosting yang digunakan. Misalnya untuk install software, membuat database, backup database, backup file hosting, dan masih banyak hal lainnya yang dapat dilakukan dengan menggunakan cpanel.

Hosting yang diperlukan oleh wordpress supaya dapat diinstall dengan baik adalah yang mempunyai fitur php, mysql, apache, dan tentunya pendukung lainnya adalah cpanel dan phpmyadmin. Cpanel merupakan suatu software untuk pengaturan hosting yang sangat direkomendasikan untuk hosting linux saat ini. Sedangkan phpmyadmin digunakan untuk pengaturan database mysql. WordPress sendiri ditulis dalam bahasa pemograman php dengan mysql sebagai database dan apache sebagai server untuk menjalankannya. Tanpa Ketiganya ini, wordpress tidak mungkin bisa berjalan.

WordPress sebagai platform yang banyak digunakan oleh blogger di seluruh dunia, sangat didukung oleh cpanel. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan instalasi wordpress di cpanel. Namun kali ini, kita akan melakukan cara instalasi secara manual. Instalasi manual sama cepatnya apabila kita menggunakan cara otomatis seperti menggunakan softlocus atau beberapa layanan instalasi wordpress lainnya seperti simplescripts.com.

Tahapan Install Wordpress

Kali ini kami akan berbagai tentang teknik install wordpress di hosting yang menggunakan cpanel secara manual beserta beberapa plugin yang sering dibutuhkan atau dalam kondisi tertentu memang sangat diperlukan. Berikut beberapa langkah yang perlu dilakukan :

1. Download script wordpress di wordpress.org dan simpan di tempat yang aman.

2. Buka file manager yang ada di cpanel

3. Ketika sudah di bagian webroot(public_html/www), klik upload, dan masukkan file wordpress yang masih berupa zip tadi.

4. Jika wordpress sudah berhasil diupload dengan benar, tanpa ada file yang ketinggalan, klik file wordpress.zip. Cari menu ekstrak, klik ekstrak.

5. Ketika sudah berhasil diekstrak, maka akan terbentuk secara otomatis folder wordpress. Buka folder wordpress dan pindahkan semua file yang ada didalamnya ke root domain yang akan diinstall wordpress.

6. Ganti nama wp-config-sample.php menjadi wp-config.php

7. Buat database, dengan menggunakan database mysql wirzard. Masukkan nama database, user dan password yang dikehendaki. Misal nama database : blogku, user : namaku dan pasword : passwordkuat.

8. Masukkan database, user dan password sesuai dengan yang anda inginkan yang telah dibuat sebelumnya di langkah nomor 7.

9. Di bagian bawah lagi ada kode seperti ini define (‘AUTH_KEY’, …). Ganti kode ini menggunakan kode yang dapat diregenerate di alamat https://api.wordpress.org/secret-key/1.1/salt/

10. Satu lagi yang penting adalah, di bagian paling bawah ada kode prefix wp_, nah ganti kode tersebut dengan prefix wp_blablabla_.

11. Apabila setup wp-config.php sudah selesai, langkah selanjutnya adalah install wordpress. Buka domain teman di browser. Jika semuanya berjalan dengan lancar, maka akan tampak instalasi wordpress seperti tampak di gambar di bawah ini.

12. Tekan tombol continue, dan selanjutnya pengaturan Username dan Password. Pastikan tidak memakai username admin, ganti dengan username yang susah untuk diingat. Setelah itu simpan di tempat yang aman. Untuk password, wordpress akan secara otomatis menampilkan password yang telah diregenerate. Gunakan password tersebut dimana tertulis di bawahnya tulisan strong yang berarti password tersebut sangat kuat dan baik untuk digunakan. Simpan password di tempat aman beserta nama username. Kemudian jangan centang tulisan “Discourage search engines from indexing this site” , karena artinya teman tidak ingin blog tersebut di index oleh mesin pencari seperti google, yahoo dan bing serta mesin pencari lainnya.

13. Jika langkah di atas (nomor 12) telah selesai, maka langkah selanjutnya pengaturan untuk keamanan blog. WordPress sangat terkenal dan banyak digunakan oleh seluruh blogger di seluruh dunia. Untuk itu, alangkah baiknya untuk membuatnya lebih aman supaya saat ngeblog teman juga senang dan blog dapat berjalan terus dengan aman. Berikut beberapa hal yang harus dilakukan supaya blog teman lebih aman.

Konfigurasi Wordpress

1. Ganti User Nicename

Secara default, wordpress akan menampilkan username di setiap artikel yang terbit. Agar username tidak terlihat oleh orang lain, maka sangat disarankan untuk mengganti nama username menjadi nama lain. Sehingga nama inilah yang dilihat orang pembaca. Sedangkan nama username tetap sama.

Wordpress memberikan fitur yang bernama user nicename. Jika user mengganti nama ini, maka nama yang ditampilkan di tiap artikel akan dapat berbeda dengan nama username sebenarnya yang digunakan untuk login wordpress.

Keamanan minimum dan sangat harus dilakukan oleh para blogger yang menggunakan wordpress sebagai platform blognya adalah mengganti usernicename. Untuk mengganti usernicename dapat dilakukan dengan langkah berikut :

Cara mengganti usernicename:

a. Buka phpmyadmin dan buka database wordpress yang digunakan. Buka dibagian “users”.

b. Dari situ akan terlihat usernicename. Ganti dengan nama lain sesuka anda.

2. Memakai Plugin Two Factor Authentication

Untuk menambah keamanan lagi, maka langkah selanjutnya memasang plugin two factor authentication. Dengan plugin ini, teman bisa lebih aman ketika login ke dalam admin. Menurut pengalaman kami, plugin termudah yang ada untuk jenis ini adalah menggunakan clef. Dengan clef, teman bisa menyembunyikan login asli dari wordpress. Syaratnya adalah harus menggunakan handphone android atau iphone. Karena untuk install plugin clef atau kebanyakan plugin two factor authentication untuk wordpress, harus diikuti pula instalasi aplikasi di handphone. Dan biasanya handphone yang digunakan adalah iphone atau android. Untuk handphone windows, setahu kami sangat jarang.

Untuk install plugin two factor authentication, perlu dilakukan pula instalasi aplikasinya di handphone. Handphone yang didukung biasanya menggunakan android atau iphone. Dalam hal ini, kita akan mencoba untuk instalasi plugin clef. Silakan install terlebih dahulu aplikasinya di handphone yang terkait sesuai yang teman punya.

a. Login terlebih dahulu ke dalam akun wordpress.

b. Tambahkan plugin dengan cara click bagian kiri di bagian plugin dan click add new. Kemudian cari plugin clef di bagian kanan atas.

c. Setelah menemukan plugin clef, klik install now untuk menginstall plugin.

d. Kemudian aktifkan plugin dengan cara klik activate plugin. Setelah itu klik finish setup.

e. Jika semua syarat kebutuhan dari plugin clef telah terpenuhi supaya plugin terinstall dengan normal, maka muncul suatu bagian complete setup.

f. Klik bagian complete setup, dan lanjutkan ke bagian setup terakhir. Skip bagian berikut untuk menuju ke setup bagian terakhir.

g. Setelah itu siapkan handphone dan sinkronkan dengan blog. Caranya adalah dengan membuka aplikasi clef di handphone dan arahkan ke layar ke bagian yang ada gelombang birunya.

h. Jika Handphone dan blog bisa disinkronkan, maka akan muncul bagian berikut untuk setingan lebih lanjut. Dan berikut setingan clef yang direkomendasikan untuk blog wordpress.

Ada satu plugin two factor authentication yang tidak memerlukan instalasi aplikasi di handphone. Namanya adalah wordfence. Plugin wordfence adalah plugin jenis security, dimana untuk mendapatkan fitur two factor authentication, penggunanya harus membayar langganan tiap tahun. Plugin wordfence menggunakan sistem sms untuk fitur premium two factor authenticationnya.

3. Install Plugin Akismet

Plugin akismet adalah plugin yang digunakan untuk menangkal spamm yang sering menyerang blog wordpress dan blog-blog yang sejenis. Dengan akismet, serangan tersebut bisa ditangkal menggunakan server dari akismet. Akismet adalah layanan penangkal spamm yang dibuat oleh pendiri wordpress dengan perusahaannya yang dinamakan automattic.com. Caranya installnya adalah sangat sederhana. Ikuti langkah berikut untuk proses instalasinya.

a. Aktifkan plugin akismet dengan klik activate di bagian plugin akismet.

b. Daftar dulu untuk API key aksimet di website berikut https://akismet.com/development/api/

c. Setelah mendapatkan api-nya, silakan masukkan kode API tersebut ke dalam plugin akismet yang telah diaktifkan tadi.

d. Setelah API key akismet telah dimasukkan, berarti anda telah selesai konfigurasi plugin akismet.

4. Install Plugin SEO

Setelah kita mengamankan instalasi wordpress, langkah selanjutnya adalah membuat wordpress supaya menjadi SEO Friendly di mata mesin mencari.

Yoas SEO Plugin

Dalam menjalankan blog berbasis wordpress, banyak orang yang menginginkan berada di posisi pertama hasil pencarian di mesin pencari mbah google.com. Dan kabar baiknya, banyak di sediakan plugin yang dapat menunjang supaya blog wordpress menjadi lebih SEO friendly. Sebenarnya banyak sekali theme yang sudah mendukung fungsi SEO secara built in. Built in artinya sudah tercakup di dalam theme wordpress, fungsi SEO. Namun jika teman ingin mengganti theme, SEO yang kita buat akan menjadi hilang. Dan tentu ada kesulitan dalam hal import meta data yang telah dibuat di theme yang lama untuk di tempatkan di dalam theme yang baru. Plugin SEO pentingnya di sini. Jika kita berganti-ganti theme, meta data tetap akan selalu ada. Dan jika kita mengganti plugin SEO, ada bantuan dari pemilik plugin SEO yang baru untuk cara mengimport meta data yang lama.

Plugin SEO sangat banyak. Yang paling terkenal adalah plugin SEO yoast dan plugin SEO all in one. Berikut cara singkat install seo plugin :

a. Login ke dalam blog

b. Setelah login, klik di bagian tambahkan plugin

c. Kemudian cari di bagian, cari plugin, dan ketiklah Yoast SEO Plugin

d. Setelah ketemu, langsung klik install

5. Install Related Post Plugin

Untuk install plugin related post, silakan ikuti langkah berikut

a. Login ke blog wordpress

b. Di menu pencarian, carilah plugin related post. Plugin related post yang terkenal saat ini adalah plugin shareholic dan contextual related post. Silakan pilih salah satu yang sesuai dengan blog wordpress teman.

c. Setelah ketemu, langsung klik install plugin. Plugin related post biasanya mudah untuk di setup.

6. Install Caching Plugin

Plugin caching berfungsi untuk menyimpan data blog ke dalam suatu cara tertentu, dimana jika ada pengunjung, sistem wordpress tidak mengambil data dari sumber databasenya. Hal ini meminimalkan kerja sistem, yang menyebabkan sistem tidak bekerja terlalu berat. Namun dalam kenyatannya, tidak semua plugin caching dapat memberikan performa yang diinginkan. Malah dalam kasus tertentu, dapat melemahkan kerja wordpress itu sendiri. Plugin caching yang biasa digunakan adalah plugin w3 total cache dan plugin wp super cache. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Pemilihan plugin caching ini, dapat juga berdasarkan kemudahannya untuk disandingkan dengan sarana CDN yang dapat mempercepat loading blog wordpress. Layanan CDN banyak sekali. Ada beberapa layanan CDN yang mudah digunakan jika kita menggunakan plugin w3 total cache dan beberapa lebih mudah jika menggunakan plugin wp super cache.

Namun ada pula layanan CDN yang tidak membutuhkan plugin wordpress sama sekali. Contohnya adalah layanan CDN dari rackspace dan layanan CDN dari copy blogger. Untuk Plugin Caching dan CDN ini, akan kami bahas di artikel terpisah karena panjangnya penjelasan yang diperlukan. Jika teman ingin blog wordpressnya menjadi cepat seperti kilat (lebay ya, hehe), teman bisa menggunakan layanan CDN yang banyak didesain supaya mudah digunakan dengan wordpress.

Setelah mencapai tahap ini, instalasi wordpress telah selesai secara minimal. Ada satu hal lagi yang perlu diinstall yaitu plugin untuk backup. Walaupun sebenarnya di dalam cpanel ada beberapa hosting yang menyediakan fitur backup. Menurut penulis, plugin backup benar-benar diperlukan jika hosting teman tidak mempunyai fitur backup secara regular terhadap hosting yang bersangkutan. Jika hosting menyediakan fitur backup satu hari sekali, mungkin plugin backup tidak diperlukan. Jika teman menghendaki adanya plugin backup, carilah plugin yang benar-benar aman. Automattic sebagai pembuat wordpress mempunyai layanan backup. Namun harganya cukup mahal. Mungkin jika blog yang dipakai telah mencapai traffik ratusan ribu per hari, atau bahkan jutaan perhari, plugin seperti ini bisa dipertimbangkan. Biaya untuk backup bisa tertutup dengan penghasilan blog yang mungkin sudah puluhan juta per bulan.

Membuat Blog Di Wordpress.com

Automatic sebagai pembuat wordpress merupakan suatu perusahaan yang membutuhkan biaya jutaan dollar tiap tahunnya. Automatic menyediakan blog gratis bagi siapa saja di wordpress.com. Desain adminnya bagus dan mudah untuk digunakan. Jika kebetulan anda belum memiliki uang banyak, sebagai langkah awal dapat menggunakan wordpress.com untuk ngeblog.

Setup Blog Di Wordpress.com

1. Kunjungi wordpress.com

2. Pilih di tombol create blog

3. Ketik nama blog yang dikehendaki, misal, blogsugih, atau mungkin blogilapu

4. Jika tersedia, maka akan dilanjutkan ke dalam langkah pendaftaran blog dengan mencantumkan email, username yang diinginkan dan password yang dikehendaki.

5. Blog yang terdaftar di wordpress.com akan mempunyai alamat sebagai berikut : blogpornomo.wordpress.com atau blogilapu.wordpress.com. Jika ingin supaya alamat blog tersebut menjadi nama domain tersendiri, maka terlebih dahulu harus membeli domain terlebih dahulu. Untuk membeli domain, bisa lewat wordpress.com atau bisa beli di perusahaan penyedia hosting baik di indonesia atau di luar negeri.

Keuntungan Ngeblog Di Wordpress.com

1. Hosting yang hampir unlimited dan aman

2. Plugin dan Template gratis

Kekurangan Ngeblog Di Wordpress.com

1. Tergantung kepada wordpress.com. Tidak mudah untuk migrasi ke self-hosted

2. Tidak bisa dipasang iklan seperti adsense

Managed Wordpress Hosting

Saat ini banyak penyedia hosting yang menyediakan hosting yang khusus untuk wordpress. Hal ini tentu menggembirakan bagi para teman-teman. Biasanya untuk hosting tipe ini, akan membatasi beberapa plugin yang bisa dipakai, supaya tidak mengganggu kinerja daripada blog dan juga hosting. Misalnya tidak diperkenankan memakai plugin backup dan caching karena sudah dimiliki secara internal.

Beberapa fitur hosting wordpress yang bertipe managed, yaitu mempunyai caching internal, backup internal tanpa plugin, url yang diberikan adalah url bukan dari nama domain kita. URL dari hosting tersebut, nanti di pointkan ke dalam domain yang kita miliki lewat pengaturan cname biasanya.

Saya sendiri pernah memakai wpengine. Memang bagus fiturnya. Namun yang menjadi kendala adalah untuk visitor yang dihitung tidak sesuai dengan apa yang tercatat di dasbord pengunjung di webanalytic yang kita pakai. Entah, itu ngitungnya gimana juga sepertinya aneh. Juga, harganya yang mahal. Kebetulan waktu itu saya dapat promo cuman $40 dollar untuk tahun pertama. Tahun kedua, sekitar $200 dollar kalau tidak salah.

Kesimpulan

Wordpress dibuat untuk memudahkan penggunanya(para blogger) untuk membuat blog tanpa harus mengetahui kompleksitas pembuatan cms berbasis PHP dengan database mysql, mariadb, etc. Blog yang tersebar di seluruh dunia memiliki basis wordpress dengan prosentase sekitar 25 persen. Sungguh pangsa pasar yang luar biasa besar. Dengan dukungan hosting yang banyak tersedia murah dan automatic selaku pembuat wordpress, menjadikan membuat blog dengan wordpress semudah membuat secangkir kopi.