Membuat iklan facebook yang tertarget sangatlah mudah. Di dalam artikel ini, Kami akan memberikan informasi tentang bagaimana cara membuat iklan di facebook dengan cara mudah dan tidak ribet. Membuat iklan di facebook adalah hal yang sering dilakukan oleh banyak pemilik toko online di indonesia. Selain itu, para pemilik layanan digital seperti portal berita juga banyak membuat iklan di Facebook untuk menarik pemirsa yang diharapkan menjadi pemirsa setia. Facebook merupakan salah satu raksasa perusahaan sosial media saat ini.

Dengan pengguna mencapai hampir 1 milyar menjadikan iklan facebook salah satu sumber pendapatan bagi pemiliknya sekaligus juga sebagai sumber calon pembeli bagi pemilik toko online dengan adanya jasa pemasangan iklan di facebook. Harga iklan yang tidak begitu besar dengan jumlah pemirsa yang besar dan bisa dikelompokkan dalam kelompok-kelompok tertentu yang menguntungkan bagi pemilik barang atau toko online, menjadikan facebook salah satu sumber calon customer yang banyak dipertimbangkan dalam menggaet pangsa pasar online.

Untuk membuat iklan di facebook caranya sangat mudah. Namun bagi seorang pemula sekalipun akan terasa sulit jika tidak latihan atau tidak pernah membuat iklan sesederhana sekalipun. Sebelum membuat iklan di facebook, tentunya harus memiliki akun facebook terlebih dahulu.

Hal-hal dasar yang perlu diketahui sebelum membuat iklan di facebook.

1. Biaya iklan berdasar jumlah tayang per 1000 pemirsa. Iklan yang muncul akan dikenakan biaya berdasar berapa jumlah tayang atau view per 1000 pemirsa. Kenyataannya, tiap orang bisa melihat iklan tersebut dengan tayang yang lebih dari satu kali. Misalnya 1 orang refresh browsernya, maka akan muncul iklan itu lagi, maka itu dinamakan 2 kali tayang. Jika pemirsa keluar dari login dan masuk lagi, melihat iklan itu lagi, maka itu disebut sebagai 1 tayang lagi. Hal itu merupakan salah satu sistem tayang atau view yang diberlakukan oleh facebook per pemirsa.

2. Biaya iklan juga bisa berdasarkan berapa nilai klik per orang ketika membuat klik di iklan tersebut. Misalnya satu orang masuk, dan melihat iklan dan klik iklan, maka itu dinamakan satu klik dan tiap orang nilainya bisa berbeda dengan sistem yang sudah disediakan oleh facebook. Sistem harga iklan yang diberlakukan hanya pihak facebook yang tahu dan pengiklan tidak akan pernah tahu bagaimana sistem penilaian harga iklan itu bekerja. Namun sebagai pengiklan, akan bisa melihat kecenderungan keefektifan iklan dengan memakai sistem coba-coba yang diterapkan di dalam iklan.

3. Berdasar lelang. Jika kita mengikuti berdasar lelang, artinya, kita hanya mengikuti apa yang telah ditetapkan oleh facebook. Kita biarkan iklan kita dengan mengikuti lelang yang ada di facebook. Jika iklan kita memang memenangkan lelang, maka iklan akan muncul dan diberikan nilai lelang yang tertinggi. Kita tidak pernah tahu, siapa saja yang mengikuti lelang tersebut. Facebook dengan sistem yang dibuatnya akan membuat pelelangan yang mengurutkan semua pengiklan di daerah yang di target oleh pengiklan. Dan bila facebook menemukan nilai lelang yang menang, maka nilai lelang tersebut akan muncul di halaman pemirsa.

Itu tadi sekelumit tentang bagaimana cara facebook memberikan harga iklan yang diberlakukan di sistem yang dibuatnya. Kami tidak tahu persis, bagaimana kerjanya, namun jika anda seorang yang mempunyai toko online atau ingin memasarkan suatu produk tertentu, bisa mencoba menerapkan beberapa iklan sekaligus, dan melihat iklan yang mana yang menghasilkan konversi yang bagus. Setelah mengetahui mana iklan yang bagus hasilnya, dapat meneruskan iklan tersebut sampai mencapai titik maksimal.


Cara Membuat Iklan Facebook Untuk Pemula

Iklan di facebook sebenarnya tidaklah sulit. Bagian tersulitnya adalah saat kita akan menentukan mana iklan yang dapat memberikan keuntungan yang bagus. Untuk itu, teman perlu mencoba, dengan menerapkan sistem coba-coba iklan dengan sungguh-sungguh untuk mencari iklan facebook yang memberikan hasil maksimal. Untuk mencari iklan dengan hasil maksimal, mari latihan dengan membuat iklan sederhana. Untuk membuat iklan sederhana, silakan ikuti langkah berikut ini.

1. Klik Tombol Buat Iklan

cara membuat iklan facebook

Setelah masuk atau login di dalam facebook, klik tombol buat iklan. Setelah tombol buat iklan di klik, akan terlihat tampilan berikut ini.

cara membuat iklan facebook

Jenis jenis iklan di facebook ada banyak. Untuk membuat iklan sederhana ini, kita akan menggunakan jenis iklan yang nomor tiga, yaitu giring orang ke situs web anda. Kami anggap, teman mempunyai toko online atau blog dari blogspot yang dijadikan jualan online.

2. Buat Kampanye

Silakan klik tombol giring orang ke situs web anda. Setelah itu, akan muncul kolom kampanye seperti berikut ini.

cara membuat iklan facebook

Beri nama iklan yang kita buat. Untuk memudahkan, berilah nama sesuai dengan nama blog atau nama toko online. Untuk contoh ini, kami beri nama www.digitalbanget.com sesuai dengan nama blog ini. Setelah itu klik tombol lanjutkan. Setelah tombol lanjutkan di klik, akan muncul lokasi target iklan yang kita buat. Lokasi target ini akan menentukan, dimana iklan akan muncul. Misalnya kita akan membuat iklan dengan target wilayah indonesia, maka klik indonesia. Untuk lebih spesifik lagi, kita tempatkan di kota yang lebih khusus lagi, misalnya jakarta. Siapa tahu, kalau iklan di jakarta, akan banyak orang yang beli, karena orang jakarta, banyak yang mempunyai rejeki uang yang banyak.

3. Target Iklan

Target iklan menentukan seberapa optimal iklan yang dihasilkan. Karena tidak semua daerah menyukai barang yang yang dijual. Misalnya, untuk daerah yang mayoritas muslim, bisa kita targetkan untuk barang berupa busana muslimah. Jadi perhatikan tentang hal ini. Untuk membuat target iklan, karena kita di indonesia, kita buat wilayah negaranya adalah indonesia.

cara membuat iklan facebook

Dari gambar “Target Iklan Facebook 1” dapat kami jelaskan sebagai berikut :

a) Nomor 1 adalah lokasi negara dimana iklan kita akan muncul. Tentukan negara yang spesifik. Dalam contoh ini adalah indonesia

b) Nomor 2 adalah lokasi kota dimana iklan kita akan muncul. Tentukan kota mana yang spesifik. Dalam contoh ini adalah jakarta

c) Nomor 3 adalah usia dari pemirsa iklan.Usia yang diperkenankan adalah mulai usia 18 tahun sampai 65 tahun ke atas.

d) Nomor 4 adalah jenis kelamin. Tentukan jenis kelamin yang sesuai dengan barang yang dijual. Misalnya untuk hijab, teman tentukan jenis kelaminnya adalah perempuan.

e) Nomor 5 adalah jenis bahasa. Jika di indonesia, tentunya bahasa indonesia.

cara membuat iklan facebook

Kolom selanjutnya adalah kolom minat yaitu nomor 6. Karena panjangnya di bagian ini kami bagi dua, yaitu target iklan facebook 1 dan target iklan facebok 2. Untuk nomor 6, pilih sesuai dengan barang yang dipasarkan. Sebagai contoh adalah hijab. Maka masukkan di kolom 6 ini berupa hijab mode dan iklan.

4. Biaya Dan Jadwal Tayang

Untuk memahami tentang biaya dan jadwal tayang iklan facebook, silakan perhatikan gambar berikut.

cara membuat iklan facebook

Untuk biaya dan jadwal tayang, kami jelaskan sebagai berikut berdasar gambar “Biaya Dan Jadwal Penayangan”

a) Nomor 1 adalah merupakan biaya yang dikeluarkan per hari untuk iklan yang tayang.

b) Nomor 2 adalah Kapan iklan tersebut akan tayang. Kalau mulai hari ini, tetapkan di tanggal teman membuat iklan. Jika ingin suatu waktu tertentu, klik tombol di bawahnya yang tertulis “tetapkan tanggal mulai dan berakhir”. Di bagian ini, tetapkan tanggal berapa iklan muncul dan berakhir.

c) Nomor 3 adalah menautkan url dari blog di iklan ini. Biarkan secara default sesuai dengan setingan facebook.

d) Nomor 4 adalah nama set iklan. Beri nama yang memudahkan dalam mengingatnya. Misalnya : iklan hijab.

Untuk lain-lainnya biarkan secara default. Jika sudah sesuai dengan apa yang diharapkan, klik tombol lanjutkan.

5. Format Iklan

Format iklan adalah bentuk format iklan yang akan muncul. Bentuk ini bisa berupa gambar, gambar dalam bentuk slide, video atau sekedar slide. Untuk contoh ini, kita ambil satu gambar hijab.

cara membuat iklan facebook

Format iklan bisa berupa video dan atau gambar, ditentukan disini. Dalam contoh ini, kami buat satu gambar.

cara membuat iklan facebook

Media iklan bisa berupa gambar, slide tayangan atau video. Dalam hal ini kita pilih satu gambar. Media ini adalah yang akan tampil. Sedangkan di format iklan, kita tentukan formatnya gambar atau video.

6. Tampilan Iklan

Setelah ditentukan formatnya, kini saatnya menentukan tampilan iklannya. Tampilan iklan ditentukan dengan url blog yang kita berikan. Di sini, perlu diperhatikan bahwa, Teman Harus Mempunyai Halaman Facebook yang sesuai dengan iklan yang akan ditampilkan. Karena halaman ini nantinya akan ngelink di situs blog yang dipromosikan.

cara membuat iklan facebook

Tautkan halaman facebook yang sesuai dengan iklan yang dibuat. Karena instagram sudah menjadi satu dengan facebook, maka silakan tautkan akun instagram disini.

Untuk URL blog atau web, masukkan di bagian “URL Situs Web”. Maka dengan otomatis akan tertampil, preview dari iklan yang nantinya akan muncul. Tampilannya akan sesuai dengan halaman blog atau toko online yang diiklankan. Jika membuat iklan hijab, maka di blog tersebut harus tertampil hijab juga jika ingin otomatis tampil sebagai halaman iklan.

7. Pemesanan Iklan

Jika semuanya sudah selesai di tahap 6, maka langkah selanjutnya adalah klik tombol lakukan pemesanan yang ada di kolom bawah. Setelah itu teman akan digiring ke bagian pembayaran. Jika dana yang tersimpan(kebetulan saya memakai pilihan transfer untuk biaya iklan) masih cukup, maka secara otomatis, iklan akan tertampil. Namun jika dana sudah habis, akan muncul peringatan untuk trasnfer dana terlebih dahulu untuk biaya iklan.

cara membuat iklan facebook

Teman bisa mengirim dana untuk biaya iklan melalui transfer bank melalui ATM bersama. Klik Tambahkan uang. Untuk bisa mengirim dana lewat transfer bank, sebelum iklan dibuat, harus diseting di awal terlebih dulu. Hal ini akan kami buatkan tutorialnya secara terpisah. Sayangnya setingan pembayaran dana ini apabila sudah dibuat di awal iklan, tidak bisa kita ubah dengan memakai sistem lain, misalnya dengan kartu kredit. Facebook menetapkan bagaimana dana iklan bisa dikirim pada awal setup iklan. Setelah itu, itu akan menjadi default dan tidak bisa diubah. Untuk memudahkan memantau dana, kami memilih sistem transfer uang untuk biaya iklan memakai ATM bersama.

cara membuat iklan facebook

8. Penambahan Dana Melalui Transfer ATM Bersama

Jika dana tidak cukup, maka teman harus kirim transfer uang terlebih dahulu, dan kali ini kami berikan contoh menggunakan sistem transfer dana melalui atm bersama. Berikut ini salah satu contoh kirim dana melalui transfer ATM Bersama untuk biaya iklan facebook.

cara membuat iklan facebook

Tentukan berapa dana yang akan ditransfer. Dana minimal yang bisa dikirim adalah Rp. 100.000. Untuk maksimalnya kami belum pernah coba.

cara membuat iklan facebook

Sebelum dana ditransfer, akan diingatkan kembali jumlah dana yang akan ditransfer. Setelah benar-benar sesuai dengan dana teman, maka klik Lakukan Pembayaran.

Facebook bekerja sama dengan Doku dalam proses penambahan dana iklan. Setelah tombol lakukan pembayaran diklik, akan muncul proses selanjutnya yaitu transfer dana.

cara membuat iklan facebook

Proses pembayaran via Doku akan dimunculkan, yaitu dengan tampilan sebagai berikut. Disini kita diperlihatkan dana yang harus dikirim beserta invoice numbernya.

cara membuat iklan facebook


Cara Transfer Dana Iklan

1. Dengan transfer melalui ATM bersama.

Tata cara transfer melalui ATM bersama dapat dilihat langkah-langkahnya di dalam screenshot di bawah ini.

cara membuat iklan facebook

2. Dengan transfer melalui internet banking.

Tata cara transfer melalui internet banking dapat dilihat langkah-langkahnya di dalam screenshot di bawah ini.

cara membuat iklan facebook

Silakan pilih cara transfer dana iklan dimana teman mudah melakukannya. Setelah itu, ambil kode untuk transfer dana.

cara membuat iklan facebook

Setelah teman mempunyai kode pembayaran, maka proses selanjutnya adalah mengirim dana tersebut melalui atm bersama atau internet banking. Silakan pilih yang mudah.

Sesaat setelah selesai dilakukan pembayaran dana, iklan akan segera mendapat tinjauan dari tim iklan. Setelah melalui proses peninjauan dan dianggap layak untuk tampil, iklan akan secara otomatis tampil dan mulai mendapatkan tayangan.

Dana yang tersedia akan berkurang sedikit demi sedikit sesuai dengan biaya iklan dan biaya klik yang telah ditentukan sebelumnya. Perhatikan kerja iklan yang sedang berjalan. Buat beberapa model iklan dan perhatikan mana di antara model-model iklan tersebut yang memberikan hasil yang maksimal. Karena kita tidak tahu apakah suatu iklan akan menghasilkan banyak keuntungan atau tidak. Cara satu-satunya adalah dengan membuat beberapa model iklan. Mumpung biaya iklan facebook masih murah dan mudah untuk membuatnya, alangkah baiknya jika teman mempunyai produk yang bagus, diiklankan di facebook. Semoga setelah membaca tutorial ini, teman bisa dengan mudah membuat iklan di facebook.