Belum banyak yang tahu cara riset mencari kata kunci blog yang benar. Apalagi di era yang semakin banyak persaingan di dunia blogging dan perubahan algoritma mesin pencari yang semakin rumit, khususnya google sebagai salah satu barometer nilai suatu website, membuat semakin sulit untuk memperoleh posisi puncak hasil pencarian di mesin pencari.

Kata kunci atau biasa dikenal dengan keywords adalah rangkaian huruf yang ada di internet, bisa di blog, forum dan berbagai jenis platform lainnya yang bisa dikenal oleh mesin pencari yang dapat mendatangkan traffik ke suatu website.

Jika seseorang benar-benar serius membuat blog, tentu akan memperhatikan berbagai kata kunci yang benar-benar mendatangkan traffik dan tentunya bernilai.

Semakin tinggi nilai organik suatu kata kunci yang mendatangkan traffik ke suatu website, semakin bernilai website tersebut. Begitu juga sebaliknya.

Ketika seseorang mengetik sesuatu di mesin pencari untuk mencari sesuatu dan memberikan hasil daftar pencarian, akan tampak berbagai halaman website yang sudah diindex atau dimasukkan ke dalam database mensin pencari.

Nah, hasil-hasil itulah yang menunjukkan berbagai kata kunci yang sudah diramu sedemikian rupa dan disajikan kepada pengguna mesin pencari.

Lalu pertanyaannya adalah, kata kunci apakah yang sebenarnya mesin pencari gunakan dan pengunjung gunakan yang pada akhirnya berkunjung ke blog kita.

Jawabannya tidak ada yang benar-benar tahu, kecuali Tuhan dan Pihak google yang tahu persis. Mungkin ada yang berbeda pendapat lain, ya tidak apa-apa, toh berbeda-beda tetap manusia juga.

Perlu diketahui bahwa hasil riset kata kunci yang digunakan oleh mesin-mesin penangkap kata kunci atau apalah namanya, itu adalah kata kunci masa lalu yang pernah digunakan oleh orang lain. Dan sepertinya sangat mungkin sekali kebetulannya bahwa apa yang diketik oleh pengguna masa sekarang dengan pengguna masa lalu.

Jika ingin mengetahui pergerakan kata kunci yang real time, ada tool yang bagus, tetapi sayangnya berbayar dan mahal sekali untuk ukuran pemula. Real time yang saya maksud adalah selang 1 hari, bukan detik atau menit atau jam. Mau tahu nama tool-nya? Silakan baca terus.

Kerumitan algoritma yang semakin rumit juga salah satu faktor yang membuat sulitnya memperoleh nomor satu di mesin pencari. Bahkan para pemilik blog sendiri banyak yang tidak tahu kata kunci apa sebenarnya yang mendatangkan traffik ke blog mereka.

Dulu ada plugin wordpress yang dapat digunakan untuk mencatat kata kunci apa saja yang dapat mendatangkan traffik ke suatu blog, tetapi sekarang ini, semua itu sudah tidak relevan lagi dan tidak memungkinkan.

Oleh karena itu dalam kesempatan kali ini, saya akan berbagi tentang apa yang saya tahu tentang jenis-jenis kata kunci dan tool apa saja yang dapat digunakan untuk mengetahui kata kunci apa saja yang membuat pengunjung mampir ke suatu blog.

Jenis-Jenis Kata Kunci

Kata kunci yang saat ini berlaku ada 3 jenis. Ketiganya memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Saya pun belum paham betul tentang hal ini dan mungkin juga sebagian besar masyarakat internet.

Ilmu ini adalah ilmu dasar SEO, jika ingin membangun blog yang memiliki tingkat autority yang bagus di mesin pencari.

Tentu yang memahami bagaimana kata kunci berlaku dan bagaimana hal tersebut disajikan di halaman mesin pencari, tentunya pemilik mesin pencari itu sendiri. Berikut pemahasan singkat tentang ketiga kata kunci tersebut.

Broad

Broad adalah jenis kata kunci yang secara umum ada di suatu rangkaian kata. Kata kunci ini tidak spesifik untuk suatu pencarian tertentu. Karena keumuman rangkaian kata ini, biasanya harga kata kunci tersebut juga tidak begitu mahal.

Namun tidak bisa tertarget untuk suatu jenis kata pencarian khusus. Hal ini tentu saja bisa merugikan bagi pengiklan yang tidak paham benar. Uang yang diinvestasikan di grup ini bisa hilang tanpa hasil yang jelas atau bahkan tanpa hasil sekalipun.

Contoh

Kata kunci broad : Muslim Baik, Apa Itu Muslim

Target kata kunci : Baju Muslim

Dalam kondisi seperti ini, jika seseorang mengetikkan kata kunci “muslim yang baik hati”, maka kemungkinan besar semua website yang memiliki kata kunci “muslim” di dalamnya bisa dimasukkan dalam kata pencarian tersebut. Maka ada kemungkinan website dan blog yang memiliki rangkaian kata seperti “baju muslim” , “jadi muslim yang baik”, dan lain sebagainya dapat dimasukkan ke dalam daftar pencarian.

Hal inilah yang menyebabkan kata kunci ini menjadi tidak spesifik menjadikan blog yang dibuat tidak memiliki pengunjung yang spesifik tertarget sesuai dengan tema website yaitu “Baju Muslim”. Rangkaian kata ini bisa puluhan ribu atau bahkan jutaan tiap harinya. Sehingga jangan senang dulu jika pengunjungnya ribuat tiap hari, karena belum tentu “orang yang mampir” di blog saudara adalah sesuai dengan apa yang dikehendaki.

Jika Tuhan mengijinkan, maka tentu saja orang yang mampir di blog tersebut tertarik dengan apa yang disajikan. Tetapi karena apa yang disajikan tidak sesuai dengan apa yang dicari, tentu banyak yang meninggalkan begitu saja.

Penggunaan

Kata kunci ini biasanya digunakan untuk branding agar website memiliki branding yang kuat di mesin pencari. Hal ini tentu membutuhkan waktu dan tentunya investasi uang yang banyak pula. Bagi pedagang atau pemilik blog skala kecil, tentu sangat berat.

Harga

Harganya cukup murah. Mungkin untuk target market di indonesia, harganya sekitar Rp. 80 sampai Rp. 100 per kata kunci. Cukup murah bukan?

Kualitas

Kualitas kata kunci “broad” kurang begitu bagus, karena tidak spesifik dengan apa yang ditargetkan. Pencariannya pun sangat acak dan susah diprediksi.

Phrase

Kata kunci phrase adalah salah satu kata kunci yang kemungkinan masih menguntungkan. Kata kunci ini adalah kata kunci dalam kategori “long tail keywords”. Penggunaan “long tail keywords” menjadi dominan saat ini.

Tentunya bagi pemilik blog dengan modal kecil, dapat memberikan sedikit angin segar yang mudah-mudahan ada satu atau dua visitor mampir ke website atau blog sesuai dengan target kata kunci yang dibidik.

Contoh

Kata kunci : “Baju Hijau”

Long tail keywords : “Bapak Juga Senang Pakai Baju Yang Warna Hijau” , “Ibu Memakai Baju Berwarna Hijau”

Di dalam kata kunci tersebut masih terselip kata “baju” dan “hijau”. Kedua phrase ini menjadi salah satu kata kunci dengan turunan “Bapak Juga Senang Pakai Yang Warna Hijau”. Turunan kata kunci ini bisa bervariasi dan sangat sulit untuk ditemukan. Karena rangkain phrase yang dibuat oleh setiap mesin pencari berbeda-beda dan jumlahnya bisa ribuan atau mungkin ratusan ribu perharinya. Tentu hal ini hanya pengelola mesin pencari tersebut yang tahu rumusannya.

Penggunaan

Bagi pemilik blog bisa membidik bentuk phrase ini, asalkan tahu bentuk phrase-nya yang bagaimana dan cara peletakan kata kunci tersebut, baik di title, description dan di halaman artikel tersebut.

Harga

Harga kata kunci dalam bentuk phrase biasanya lebih mahal dari board. Karena begitu banyaknya blog yang memiliki kata kunci berbentuk phrase.

Kualitas

Kata kunci berbentuk phrase merupakan salah satu yang memiliki tingkat kompetisi yang sangat tinggi. Sehingga tidak heran harganya lumayan mahal. Walaupun demikian, ada beberapa rangkaian kata kunci yang memiliki kualitas rendah dan harganya pun terkadang bisa Rp. 0. Tetapi walaupun demikian, bukan berarti kata kunci tersebut mudah untuk dicapai di dalam SERP.

Exact

Kata kunci “exact” merupakan salah satu kata kunci yang bernilai mahal. Karena berkaitan dengan kata kunci yang memiliki kata yang sangat tepat atau akurat. Kata kunci seperti ini biasanya dimiliki oleh perusahaan dengan modal yang besar.

Jadi sepertinya bagi pemodal kecil atau apalagi kualitas artikelnya rendah, sangatlah susah untuk bersaing dengan kata kunci “exact”.

Contoh

Kata kunci : “Baju Muslim”

Jika exact keyword yang ditarget, maka kata kunci tepat dengan kata “Baju Muslim” dan atau turunannya yang sangat dekat, akan dapat ditarik untuk mendatangkan traffik yang cukup melimpah jumlahnya.

Tentu saja sangat susah bagi blog baru. Blog lama pun juga demikian. Karena biasanya kata kunci jenis ini dijual dengan harga yang cukup mahal.

Penggunaan

Kata kunci “exact” dapat langsung diletakkan di title, description dan isi artikel. Namun dengan kompetisi yang amat ketat, hal ini sangat-sangat susah sekali.

Harga

Harga kata kunci “exact” yang benar-benar tertarget untuk pasar indonesia, kurang lebih Rp. 5.000 per kata kunci. Untuk pasar luar negeri, misalnya amerika bisa mencapai minimal Rp. 50.000 per kata kunci, sekali klik iklan.

Kualitas

Kualitas kata kunci “exact” adalah kata kunci yang sangat tertarget. Tentu saja, kata kunci tersebut yang harus memiliki nilai bisnis yang menjual dan banyak pencariannya. Jika “exact” tersebut adalah jarang pencariannya, tentu nilainya kecil karena jarang atau malah tidak ada pencariannya.

Tool Penangkap Kata Kunci

Lalu bagaimana kita tahu kata kunci apa saja yang sebenarnya digunakan pengunjung untuk mampir ke blog kita?

Perkenalkan apa yang saya sebut sebagai tool penangkap kata kunci. Saya sebut tool ini adalah “penangkap kata kunci” karena hanya tool-tool inilah yang tahu sebenarnya kata kunci apa saja yang digunakan pengunjung untuk mampir ke suatu blog.

Atau lebih tepatnya adalah kata kunci yang mendekati yang sebenarnya daripada kata kunci yang berlaku saat itu.

Mari kita simak satu per satu tool-tool ini.

1. Webmaster tool

Webmaster tool adalah alat yang disediakan google untuk memantau kata kunci apa saja yang ditangkap google terhadap blog kita yang sebenarnya.

Misalnya begini. Sobat memiliki blog dengan postingan yang berjudul “Cara Membuat Baju Batik Yang Bagus” dengan kata kunci “membuat baju batik”. Di dalamnya mengandung banyak sekali rangkaian kata, mungkin kurang lebih 2.000 kata.

Maka google dengan kepintarannya akan menangkap semua kata-kata tersebut dan jika ada pengunjung yang mengetikkan sesuatu, maka rangkaian kata tersebut akan membuat posisi artikel tersebut nangkring di SERP.

Entah nangkring di posisi 20, 30, atau mungkin 100.

Contoh :

Judul artikel : “Cara Membuat Baju Batik Yang Bagus”

Kata kunci : “membuat baju batik”

Maka jika seandainya ada pengunjung yang berkunjung ke blog kita, bukan berarti itu adalah berkaitan dengan baju batik.

Misalnya di dalam artikel, sobat sebutkan rangkaian kata : “batik motif wayang”

Maka bisa jadi kata kunci “batik motif wayang” tersebut yang membuat artikel tersebut mendapatkan traffik.

Dan kenyatannya, apa yang disajikan oleh webmaster tool terkadang sangat susah sekali untuk membuat suatu artikel nongkrong di SERP mesin pencari, terutama google.

Untuk itu, kami perkenalkan alat berikutnya, yaitu tool long tail keywords tool.

Berikut ini kata kunci yang tertangkap oleh google menggunakan webmaster tool

Cara Riset Kata Kunci Blog

2. Long tail keywords

Long tail keywords adalah tool yang dapat digunakan untuk mengetahui kata kunci dalam bentuk long atau kata kunci dengan rangkaian kata yang panjang.

Contoh :

Jika sobat ingin menarget kata kunci “jual baju muslim”, maka long tail keywords dapat menyajikan rangkaian kata kunci panjang yang mendekati atau turunan dengan “jual baju muslim”.

Long tail keywords dari “jual baju muslim” bisa jadi “pengen beli baju muslim”.

Namun kenyatannya, ada hal yang aneh dalam penggunakan long tail keywords untuk pangsa pasar indonesia. Karena bentuk pencariannya kadang tidak beraturan dan berbeda-beda dari waktu ke waktu, bahkan hanya dalam hitungan menit.

Long tail keywords memiliki masa trial, sehingga dapat sobat gunakan, siapa tahu memang ini yang dicari.

Jika merasa bahwa, tool ini bukan yang dicari, maka saya perkenalkan tool berikutnya, yaitu Ahref.

3. Ahref

Ahref adalah salah satu tool yang cukup mahal. Biaya per bulannya adalah 99 dollar. Harga semahal ini memang ditopang dengan fitur yang sangat melimpah. Beberapa fitur yang saya suka adalah :

  • Riset kata kunci
  • Perbandingan kata kunci dengan kompetitor
  • Penangkap kata kunci
  • Dan masih banyak fitur lainnya

Jika ingin menggunakan ahref untuk menangkap kata kunci suatu blog, maka masukkan blog tersebut ke dalam bagian monitor blog.

Dan juga masukkan kata kunci yang ingin ditarget dan url yang dikehendaki terhadap kata kunci tersebut.

Untuk mengetahui hasilnya, tunggulah beberapa hari. Kurang lebih setelah tiga hari, lihat dan perhatikan apa saja yang terjadi dengan blog sobat.

Ahref dengan teknologinya akan menyajikan kata kunci apa saja yang berhubungan dengan blog sobat, dan memberikan posisi SERP saat itu. Posisi SERP ini paling terdalam adalah posisi nomor 100. Cukup jauh bukan?

Jika kita tahu posisi kata kunci yang sesuai dengan blog kita, maka akan lebih mudah untuk optimasi blog tersebut.

Ahref akan menyaikan nilai kata kunci tersebut, walau terkadang nilanya adalah 0. Walau nilanya 0, bukan berarti blog tersebut mudah untuk menduduki posisi SERP dengan term kata kunci tersebut.

Kenyatannya, kata kunci yang ada, tidak sesuai dengan kosa kata rangkaian kata yang mudah dipahami oleh pengguna. Kata kunci tersebut adalah rangkaian kata yang sepertinya mudah dipahami oleh mesin mencari.

Nah, dalam kondisi seperti ini, sangat sulit sekali untuk membuat strategi penaikan kata kunci.

4. Semrush

SEMRUSH adalah tool berikutnya yang mampu memberikan gambaran kata kunci apa saja yang terkait dengan suatu blog.

Biaya langganan SEMRUSH juga cukup mahal, yaitu 99 dolar per bulan.

Ada hal yang berbeda antara SEMRSUH dengan AHREF yang notabene sama-sama tool premium. Terkadang keduanya memberikan term kata kunci yang berbeda-beda dengan nilai yang berbeda pula.

Hal ini membuat kesulitan terutama bagi pemula untuk merangking suatu kata kunci.

Fitur yang disajikan hampir sama dengan ahref.

Ada yang lebih suka AHREF dan ada juga yang lebih suka SEMRUSH. Silakan coba sendiri, dan pilih mana yang lebih tepat digunakan.

SEMRUSH juga ada masa trialnya selama 1 bulan.

Saran saya, gunakan SEMRUSH dan AHREF setelah blog memiliki usia 1 tahun. Sehingga, sudah banyak kata kunci yang menempel di blog kita.

PPC

Jika sobat ingin benar-benar merangking suatu kata kunci, mungkin sobat memiliki toko online jual baju muslimah, maka alangkah baiknya menggunakan PPC.

Apa itu PPC?

PPC adalah pay per click. Yaitu perikalanan google yang menghubungkan sobat selaku pemilik toko online dengan pengunjung google selaku mesin pencari.

PPC di indonesia cukup murah, namun saya kurang paham bagaimana mengetahui kualitas daripada kata kunci tersebut.

Untuk target market indonesia, PPC menggunakan google adwords, dapat mendatangkan traffik yang melimpah.

Namun lain halnya dengan target market luar negeri, penggunakan google adwords dirasa sangat kurang memberikan hasil yang baik. Harus menggunakan tool lain, seperti wordstream untuk melihat bagus tidaknya iklan tersebut.

Apa Yang Harus Dilakukan

Dengan mengetahui berbagai hal di atas, selaku pemilik blog jika memang serius merangking suatu kata kunci tertentu, tentu harus melakukan sesuatu agar blog tersebut memiliki kualitas kata kunci yang baik dan benar-benar tertarget.

Berikut ini beberapa hal yang dapat saya sarankan :

a) Cari long tail keywords menggunakan tool-tool tersebut jika memang berlangganan

b) Cari long tail keywords dengan related search google yang biasa terlihat di bawah hasil pencarian

c) Daftarkan blog atau web ke webmaster tool google dan perhatikan kata kunci yang tertangkap oleh mesin pencari.

d) Berikan backlink yang sesuai. Saya sendiri kurang paham bagaimana mencari backlink yang berkualitas di era AI ini.

e) Monitor kata kunci dengan tool-tool premium tersebut dan juga monitor kata kunci kompetitor.

f) Perhatikan rangking kata kunci milik kita dan milik kompetitor.

h) Perhatikan nilai daripada kata kunci tersebut. Apakah termasuk buying keywords atau tidak. Hal ini dapat digunakan untuk mengetahui kira-kira pendapatan per bulan, jika ikut penayangan iklan adsense. Untuk web affiliate, bisa untuk mengukur, kira-kira berapa konversi dari kata kunci tersebut.

i) Gunakan PPC google adwords dan PPC pihak ketiga seperti wordstream jika memang memiliki dana yang cukup besar. Keuntungan menggunakan adwords dan wordstream adalah dapat menangkap pencarian yang ada di mesin pencari yang dapat mendatangkan traffik yang tertarget ke blog.

Mencari Kata Kunci Dengan Tool Gratisan

Saya menemukan ada tool gratis yang dapat digunakan untuk mengetahui kata kunci apa yang sebenarnya mendatangkan traffik ke suatu blog atau web.

Tool tersebut milik salah satu jasa SEO yang cukup popular.

Lakukan langkah berikut untuk mulai mencari kata kunci yang relevan dengan suatu blog atau web :

1. Kunjungi web : [https://www.thehoth.com/search-engine-rankings](https://www.thehoth.com/search-engine-rankings)

2. Masukkan blog yang ingin diketahui kata kuncinya

Cara Riset Kata Kunci Blog

Cara Riset Kata Kunci Blog

Coba perhatikan. Banyak sekali kata kunci yang sesuai dengan blog tersebut berikut rangkingnya di SERP.

AI

Saat ini google menerapkan teknologi artificial intelligence. Itu artinya, bentuk-bentuk pencarian sudah melalui teknologi yang mirip dengan apa yang manusia lakukan.

Sebagai pengguna, tidak ada yang tahu, apa yang dilakukan teknologi AI ini. Tetapi, semakin hari, sepertinya makin banyak blog-blog yang tenggelam, baik blog lokal atau blog secara umum di dunia.

Ada suatu solusi yang berkaitan dengan AI. Yaitu menggunakan tool yang menggunakan teknologi yang mirip dengan AI. Salah satunya adalah word2vec.

Dengan menggunakan word2vec, kita bisa mencari kata-kata kunci yang mirip dengan apa yang AI lakukan dan mencari long tail keywords yang relevan dengan suatu term pencarian.

Namun saya belum paham cara kerja word2vec ini. Sampai sekarang pun, tool ini belum secara umum digunakan oleh blogger-blogger yang sudah berhasil dan sudah mapan.

Kebanyakan mereka menggunakan tools seperti semrush, ahref dan lain sebagainya yang sejenis itu.

Kesimpulan

Kata kunci "broad" , "phrase" dan "exact" memiliki trend yang secara umum makin sulit untuk dicapai. Kemungkinan, menurut perkiraan saya sendiri, google tidak ingin memberikan traffik gratis kepada satu blog saja. Sementara di internet banyak orang yang memiliki kata kunci yang sama.

Sehingga terkadang, blog-blog tersebut dibuat bergiliran menerima kata kunci yang tertarget tersebut. Sehingga makin lama, blog-blog yang kurang berkualitas kontennya akan disaring sesuai dengan alogritma google dan minat baca para pencari di mesin pencari google.

Mungkin dengan teknik tertentu kita bisa mengetahui kata kunci yang benar-benar tertarget sesuai dengan yang kita harapkan. Contohnya menggunakan alat penangkap alat kunci dan menggunakan PPC. Namun sayangnya, keduanya masih tergolong mahal untuk mencari kata kunci yang benar-benar tertarget. Dan perlu diketahui bahwa rangkuman singkat cara riset mencari kata kunci yang tertuang di artikel ini masih sangat umum dan perlu dikaji lebih lanjut.