Peluang usaha dapat diciptakan jika ada peluang dan kerja keras oleh siapapun. Kayaknya itu yang banyak dibicarakan dan diajarkan oleh banyak motivator, kalangan bisnisman, blog-blog peluang usaha, dan masih banyak lainnya seperti yang pernah saya baca, baik itu di koran dan di halaman-halaman website di dunia online.

Memang peluang itu berusaha ada seketika manusia itu diciptakan oleh allah swt. Sebagai contoh bayi yang baru lahir, seketika lahir, dia akan menangis dan seketika itu pula ibunya menyadari bahwa dia membutuhkan makanan berupa air susu dan seketika itu pula si bayi akan menyedot sekuat tenaga agar rasa haus dan laparnya agar cepat hilang.

Itu adalah usaha seorang bayi yang baru lahir. Lalu bagaimana dengan orang dewasa yang seharusnya sudah memiliki penghasilan sendiri. Misalnya jika anda adalah seorang yang sudah lulus kuliah. Tentunya saat itu pula perjuangan untuk mencari pendapatan tetap tiap bulan dimulai.

Tetap susah dan sulit mencari pekerjaan? Sama. Banyak orang yang bernasib sama dengan anda. Banyak kawan-kawan di luar sana yang merasakan nasib bagaimana susahnya mencari pekerjaan dan berusaha untuk keluar dari zona ketidaknyamanan, yaitu tidak punya pekerjaan alias nganggur.

Oleh karena itu, saya tawarkan beberapa peluang usaha yang mungkin menjadi salah satu solusi bagi anda yang saat ini sedang galau mencari kerja. Memang benar, setiap usaha itu tidak mudah untuk dilakukan. Saya percaya itu.

Tetapi sembari mencari peluang dan pekerjaan yang saat ini sedang sulit untuk dicari, cobalah baca beberapa menit apa saja yang saya tuliskan. Tidak lama kok. Barangkali ini adalah salah satu jalan dimana anda menjadi seorang pengusaha dan hartawan.

Dalam kesempatan kali ini, saya membuat dua bagian besar dimana peluang untuk mendapatkan uang itu masih dimungkinkan. Yaitu dunia online dan dunia offline. Sebagian pernah saya lakukan dan sebagian lagi adalah alternatif yang pernah dilakukan oleh beberapa kawan di belahan wilayah lain.

Pertama : Peluang Usaha Di Dunia Online

Saat ini dunia online sedang hot. Beberapa waktu lalu Jack Ma, salah satu pendiri marketplace alibaba bersedia membantu penjualan beberapa produk indonesia di website mereka.

Bahkan pendiri bukalapak beberapa waktu lalu di tv swasta mengatakan bahwa penjualan yang terjadi di bukalapak mencapai milyaran rupiah setiap harinya. Fantastis bukan?

Oleh karena itu, kami perkenal disini beberapa peluang usaha di dunia online. Siapa tahu, anda lah salah satu generasi berikutnya yang menjadi orang yang sukses seperti Jack Ma.

1. Jualan Pulsa Di Kantor Atau Di Rumah

Jualan pulsa bisa dilakukan di kantor atau di rumah dan bahkan bisa pula dilakukan di sebuah kantor besar. Jika modal yang ada sangat kecil, atau mungkin belum banyak atau ala kadarnya ingin memiliki penghasilan mungkin untuk sekedar bayar tagihan telpon rumah yang hanya berupa abonemen-nya saja, saya kira ini patut dilakukan.

Misalnya gini, anda di dalam kantor memasang suatu status di WA kalau sedang jual pulsa. Tahu WA bukan? Iya itu WA adalah sosial media yang bisa dijadikan ajang jual beli.

Siapa tahu saat dipasang status jual pulsa, ada beberapa teman yang beli. Dan saat akhir bulan, teman-teman anda membayar pembelian pulsa tersebut.

Jika saat ini anda adalah pengangguran atau sedang sekolah, bisa dilakukan dengan cara gini.

Jika teman-teman anda memakai WA atau sosial media chat lainnya, misalnya satu grup berisi 100 orang dan saat ini ada 3 grup dimana anda menjadi anggotanya. Nah, disitu ada peluang ada 300 orang target market yang bisa dijadikan ladang pemasaran pulsa.

Jika ingin menghasilkan yang lebih besar lagi, saya sarankan membuat pulsa server elektronik. Namun saat ini banyak penjual pulsa yang berasal dari pengusaha bermodal besar. Seperti bukalapak, tokopedia, bahkan gojek pun saat ini menjual pulsa juga.

Banyak sih penjual server pulsa yang beralih ke usaha lain karena kalah dengan banyaknya kemudahan di era pesatnya teknologi internet.

Tetapi jika kondisi anda berada dalam posisi yang menguntungkan, kemungkinan untuk meraih keuntungan itu masih ada.

2. Jualan Barang Di Sosial Media

Bagi teman yang saat ini gabung di banyak grup seperti WA atau entah grup sosmed lainnya di hp, tentu terkadang akan merasa jenuh dengan banyak status yang itu-itu saja.

Sebenarnya di satu sisi itu adalah salah satu peluang untuk memasarkan produk apa saja yang ada di muka bumi ini.

Misalnya jualan hp baru dan bekas, atau barang apa saja yang banyak menarik minat banyak orang.

Kalau di sosmed, harga barang yang selangit, sepertinya kurang banyak peminatnya. Cobalah jualan barang dengan kisaran harga yang agak-agak rendah dulu. Seperti gelang tangan manik-manik, tasbih atau lainnya.

Jika berjualan dengan harga yang tinggi, misalkan seharga 10 juta ke atas, banyak orang yang lebih nyaman bertatap muka. Sedangkan di sosmed adalah ajang berkumpul orang yang tidak pernah bertatap muka.

Apakah ini benar-benar menghasilkan? Saya beritahukan bahwa saat ini banyak orang-orang yang menawarkan jasa atau barang lewat grup sosial media. Mereka tentunya memberikan nilai lebih dari grup tersebut.

Misalnya memberikan tutorial cara mencari passive income dan sebagainya. Setelah banyak yang terpikat dan teknik-teknik copy writing yang puanjang-puanjang tulisannya, baru disarankan menggunakan produk-produk mereka.

Mungkin konversinya tidak besar. Misalkan satu grup ada 100 orang. Yang beli mungkin hanyak 4 atau 5.

Yah lumayanlah.

3. Jadi Seleb Instagram

Instagram menjadi salah satu lahan bisnis di dunia online. Banyak orang yang membuat akun instagram, kemudian berbagi berbagai kegiatan keseharian yang diharapkan bisa menghibur banyak orang.

Setelah banyak follower, membuat penawaran endorse yang dapat menghasilkan uang seperti tayangan iklan di tv atau di radio.

Jadi seleb instagram tidak melulu berasal dari kalangan artis. Banyak orang yang memiliki banyak follower, walau bukan artis.

4. Jadi Penulis Lepas

Di era ngeblog dan tulis-menulis sekarang ini, banyak orang yang dapat berusaha untuk dapat menulis dan menghasilkan uang.

Salah satu lahan yang disediakan di dunia online bagi para penulis lepas ini adalah website project.co.id.

Di website tersebut, banyak pula orang yang memiliki blog yang ingin mengisi blog mereka tetapi terkendala dengan banyak hal. Misalnya bagaimana cara menulis, cara mencari sumber berita dan terutama adalah waktu menulis.

Membuat tulisan yang banyak diminati oleh banyak orang tidaklah mudah. Membutuhkan waktu dan tenaga yang tidak sedikit, jika memang benar-benar ingin membuat tulisan yang wow gitu.

Tetapi banyak pula lho, website yang memiliki tulisan yang ala kadarnya tetapi banyak peminatnya. Dengan strategi pemasaran dan teknik marketing yang tepat, banyak tulisan yang bisa dipasarkan di dunia online.

Nah, jika kebetulan saat ini anda ingin menghasilkan uang, silakan belajar menulis dan mendaftarkan diri di website project sebagai penulis.

Siapa tahu, banyak pemilik blog yang senang dengan gaya penulisan yang anda buat. Dan tidak mungkin, mereka juga akan menjadikan anda sebagai penulis tetap di blog mereka.

Jika anda jago bahasa inggris, di luar sana ada website yang bernama fiver.com. Silakan anda daftar kemudian tawarkan keahlian menulis yang bisa dibuat. Kalau di fiver, bayarannya bisa lebih tinggi. Bahkan ada lho yang karena kepintarannya menulis dalam bahasa inggris, mematok tarif $100 per 300 kata.

Kendalanya adalah bagi orang-orang yang bukan native speaker, kualitas tulisannya sulit menyamai native speaker.

Jika anda bukan native speaker, mungkin kualitas tulisannya bisa digunakan untuk backlink atau penguat artikel utama.

5. Membuat Logo Webiste

Membuat logo yang bagus dan nyaman untuk dilihat tidaklah mudah. Saya pernah membaca kisah pendirian perusahaan apple. Tahukah anda bahwa desain logo apple tersebut harganya kurang lebih $100.000,00. Cukup mahal bukan?

Logo tersebut dibuat oleh salah seorang desainer logo yang cukup ternama di masanya.

Saat ini banyak tutorial photoshop, baik itu di dunia online atau di buku-buku yang dijual di toko buku, contohnya gramedia.

Banyak sekali website yang menyediakan lahan jual beli logo website. Salah satunya adalah fiver. Disana banyak dijual logo untuk blog mulai harga lima dollar sampai dengan ratusan dolar.

6. Membuat Blog

Saat ini di indonesia sudah tersebar ratusan ribu blog di dunia maya. Masing-masing dari mereka ada yang sekedar berbagi tutorial sampai dengan ada yang menjual tutorial dengan harga yang lumayan mahal.

Tetapi sayangnya, blog bukanlah penghasil uang dengan hasil yang menentu tiap bulan. Itu bagi blog yang kurang populer dan kurang memberi nilai lebih.

Jika blog anda mempunyai nilai lebih dan populer, insya allah dapat menghasilkan. Itu juga tergantung target market dan pembaca serta dana promosi. Salah satu solusinya dapat membuat blog berbahasa inggris, namun tidak mudah. Dengan membuat blog berbahasa inggris, target market dan pembacanya lebih luas.

Untuk promosi blog, banyak orang yang membutuhkan jasa SEO dari harga yang murah sampai dengan jutaan.

Dari pemasar internet di adword dengan biaya murah sampai mahal dan pasang iklan di facebook dengan janji yang begitu menggiurkan.

Inilah jaman internet, blog dan hp. Semua orang bisa membuat blog kemudian menawarkan jasa apapun di blog mereka di internet dan berkarya apa saja lewat hp.

Ada juga yang menghasilkan blog dari periklanan atau jenis lainnya. Pokoknya banyak deh yang bisa dihasilkan, jika memang blog tersebut berharga dan memiliki nilai jual yang tinggi.

7. Jadi Youtuber

Youtube menjadi salah satu ajang berbagi konten video terbesar saat ini. Ketika banyak orang yang berkunjung ke suatu situs, termasuk youtube ini, maka disitulah terbentuk satu market tersendiri.

Banyak orang yang mendulang penghasilan dari hanya berbagi konten video di youtube.

Youtube memberikan suatu konsep berbagi penghasilan tayangan iklan bagi pemilik konten video yang memiliki banyak tayangan dan banyak subscribernya.

Pemilik video tidak tahu seberapa besar prosentase yang diberikan oleh youtube.

Namun kenyatannya, banyak orang yang dapat berpenghasilan dari youtube, dan jumlahnya pasti lumayan lah.

Bahkan ada suatu channel youtube yang dijual sampai jutaan dollar us. Ini kenyataan yang tidak dapat dipungkiri. Channel tersebut berupa video animasi anak-anak yang saya yakin orang dewasa pun banyak yang ogah nonton.

8. Membuat Grup Berbayar Di Facebook

Banyak orang yang memberikan tutorial lewat facebook. Sebagian bahkan berbayar. Itu artinya kita harus membayar sejumlah uang kepada pemilik grup tersebut agar dapat bergabung ke dalamnya.

Atau kita harus membeli suatu produk tertentu agar dapat bergabung di grup tersebut.

Bagi sebagian orang mungkin hal ini tampak aneh. Tetapi begitulah kenyatannya. Saat ini banyak orang yang berkunjung ke facebook.

Beberapa orang kemudian membuat suatu grup yang dapat memberikan nilai positif dan untuk itu harus membayar sejumah uang tertentu.

9. Jualan Form CV Berbahasa Inggris

Tahukah anda bahwa ada orang yang berjualan form CV diri yang biasa dilampirkan di dalam surat lamaran kerja seharga 10 dollar per lembarnya. Saat ini web tersebut memiliki pendapatan 1300 dollar perbulan.

Jadi dia mampu menjual cv tersebut kepada 130 orang setiap bulan. Lumayan bukan?

Sistem penjualannya pun otomatis, sehingga dapat dikatakan ini adalah passive income yang cukup lumayan besar.

Seingat saya, pemilik web tersebut adalah orang india.

10. Jualan Templat HTML Dan Wordpress

Banyak orang indonesia yang berjualan template html dan wordpress. Saya pernah membeli suatu template di themeforest.net dan ternyata pemiliknya adalah orang indonesia.

Dari mana saya tahu kalau penjualnya orang indonesia? Karena di kolom komentarnya ada orang yang berkomentar pakai bahasa indonesia dan dijawab dengan bahasa indonesia pula.

Kedua : Peluang Usaha Di Dunia Offline

Banyak sekali ragam usaha di dunia offline. Sebagian bahkan telah dikombinasikan dengan dunia online. Sebagian dapat dijadikan usaha sampingan dari rumah dan sebagian lagi membutuhkan sedikit usaha ekstra.

1. Buka Warung Makan

Warung makan merupakan salah satu usaha yang banyak dilihat di berbagai tempat. Di kampung-kampung dan di pinggir jalan raya, banyak bertebaran warung makan.

Produk olahan yang dijual pun beragam, dari nasih, gorengan, sayur mayur, buah dan lain sebagainya.

Modalnya pun tidak terlalu besar. Mungkin dengan modal seratus ribu rupiah, sudah bisa membuat warung makan kecil-kecilan di rumah.

Asiknya, saat ini penjual makanan dapat memasarkan produknya lewat aplikasi mobile. Sehingga tidak perlu keluar rumah dan pesanan pun datang dengan sendirinya.

Jika bersedia, dapat membuat akun instagram yang saat ini sedang hot. Banyak orang yang ketagihan instagram. Hal ini menguntungkan bagi tenaga pemasar. Market ada, tergantung bagaimana memasarkan produk dengan tepat dan mampu menghasilkan keuntungan.

2. Ojek

Ojek merupakan salah satu usaha yang sudah ada sejak lama, bahkan sebelum dunia online menggeliat di segala bidang. Kita tinggal beli motor dan mangkal di beberapa pangkalan ojek. Atau mangkal di beberapa stasiun kereta api atau dekat terminal bis.

Saat ini usaha ojek telah dikombinasikan dengan dunia online. Ada beberapa pengusaha yang membuat aplikasi mobile yang dapat digunakan untuk menjajakan ojek dan di lain pihak dapat digunakan untuk memesan ojek. Itulah ojek online.

Salah satu keuntungan dari ojek online adalah tidak memerlukan tempat mangkal yang tertentu. Bisa dimana saja. Bisa mangkal di rumah, di tempat kerja atau dimanapun.

Ketika seseorang memesan ojek, secara otomatis aplikasi akan mencari driver ojek yang terdekat. Mudah bukan?

Bahkan ada juga aplikasi ojek online yang dapat digunakan untuk membeli pulsa dan kuota. Keuntungan bagi driver adalah dapat menjajakan pulsa dan kuota, sekaligus sebagai driver ojek online.

3. Agen Asuransi

Anda pernah dengar agen asuransi? Ya benar. Mereka adalah salah satu tenaga pemasar untuk produk asuransi. Untuk menjadi tenaga pemasar asuransi memerlukan banyak ilmu tentang pemasaran dan produk asuransi.

Beberapa perusahaan asuransi, terkadang memberikan ilmu pemasaran dan ilmu asuransi yang cukup agar agen asuransi memiliki kemampuan dalam bidang pemasaran dan produk yang dipasarkan.

Dan kabar baiknya, semua gratis. Tentu harus ada modal juga, walau gratis. Misalnya untuk biaya transportasi pulang pergi ke nasabah dan ke tujuan lainnya.

Saya pernah bertemu dengan agen asuransi yang tidak memiliki kendaraan sendiri. Dia pulang pergi naik angkot.

4. Jasa Bekam

Apakah anda tahu bekam? Begini, bekam adalah proses mengeluarkan darah kotor dari dalam tubuh. Dengan teknik tertentu, darah kotor bisa dikeluarkan dengan suatu alat khusus.

Di jaman dahulu, jasa bekam dapat menggunakan tanduk, seperti tanduk kambing. Dan setelah itu dapat menggunakan gelas.

Saya pernah melihat praktek, ada seseorang yang melakukan bekam menggunakan gelas. Gelas tersebut ditaruh di tubuh dan di dalamnya diisi dengan api kecil yang kira-kira dapat padam setelah beberapa menit kemudian.

Bekam menjanjikan dapat memberikan rasa sehat dan bahkan menyembukan penyakit tertentu jika dilakukan dengan benar.

Jadilah tenaga bekam yang benar-benar profesional. Bekam jika dilakukan dengan tidak benar, dapat menyebabkan gangguan kesehatan. Saya pernah dengar, ada seseorang yang dibekam di titik tertentu, kemudian tidak bisa berjalan.

Sehingga harus diobati di rumah sakit. Setelah beberapa lama diobati dengan rawat inap, pasien tersebut pun sembuh kembali.

Modalnya tidak besar. Untuk peralatan yang komplit, membutuhkan kurang lebih delapan ratus ribu rupiah saja.

Bisa dilakukan berkelompok. Misalnya 5 orang menyewa ruko bersama dan bergantian jika ada pasien yang datang.

Jika tidak bisa menyewa ruko karena kendala modal, bisa buka di rumah. Saya sendiri pernah dibekam oleh orang dan saya datang ke rumahnya untuk bekam.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah harus menjaga segala peralatan bekam agar tetap bersih dan steril dari segala kuman.

5. Permak Celana Jeans/Levis

Banyak orang yang suka celana jeans/levis. Namun ukurannya sering tidak sesuai. Hal ini menjadi salah satu lahan bisnis bagi sebagian orang.

Banyak orang yang membuka permak celana jeans/levis. Harganya pun bervariasi dan tidak mahal kok.

Saya pernah bertemu dengan orang yang menjajakan permak celana dari satu kampung ke kampung lainnya dengan naik sepeda.

6. Jual Es Jus

Banyak orang suka es jus. Jus biasanya terbuat dari buah yang diblender dengan berbagai rasa lainnya, seperti gula, coklat dan bahan-bahan lainnya yang menambah rasa jus menjadi lebih nikmat.

Saya senang jus alpukat, jus mangga dan berbagai jus lainnya. Harganya pun relatif terjangkau, kurang lebih lima ribu rupiha.

7. Reparasi HP

Saat ini banyak orang yang memiliki hp, terutama hp android. Saya sering kali menemukan hp yang ngadat, entah apa saja sebabnya.

Bisa karena baterainya, memorinya yang menumpuk karena beban kerja hp, dan masih banyak hal lainnya.

Jika hal ini dapat diperbaiki, tentu menjadi penyelamat bagi pemilik hp.

Ada juga reparasi untuk mengganti layar, mengganti cashing yang rusak, dan lain sebagainya.

8. Jualan Kartu Perdana Dan Kartu Kuota

Di era internet dan hp saat ini, banyak sekali orang memiliki hp dengan nomor lebih dari satu. Satu nomor digunakan untuk nomor utama, sedangkan nomor lainnya untuk berselancar di dunia internet.

Banyak netizen menggunakan nomor yang biasa disebut kartu kuota, hanyak digunakan untuk browsing internet, setelah habis kuotanya, kartu tersebut dibuang dan beli yang baru lagi.

Kartu kuota biasanya sudah terpasang kuota dengan besaran tertentu. Misalnya 5 Giga, 10 Giga, dan variasi jumlah lainnya.

Jika tiap bulan ada 1000 orang yang butuh kuota, maka ada 1000 kartu kuota yang dapat dijual. Bisa jadi lebih, karena saat ini, banyak orang yang ketagihan dunia online.

Contoh nyatanya, cobalah tengok ke youtube, instagram dan tiktok. Banyak orang yang membuat video-video dengan jumlah view yang lumayan banyak, bahkan sampai ratusan ribu hingga jutaan.

Tentu mereka semua memerlukan kuota internet. Benar bukan? Nah, inialah salah satu target market yang mampu menghasilkan banyak keuntungan.

Jika satu bulan ada 1 juta orang yang membutuhkan kuota baru dengan harga minimum dua puluh lima ribu, maka dalam satu bulan akan terjual kartu kuota, minimal 25 milyar.

Saya yakin jumlahnya tentu lebih dari itu. Benar kan?

9. Potong Rambut Keliling

Saya dulu sering potong rambut memakai jasa potong rambut keliling. Saya yakin hal itu masih memberikan keuntungan sampai sekarang.

Karena terkadang, ada seseorang yang tidak senang berkeliling keluar rumah mencari tukang cukur rambut.

Jika kebetulan ada tukang potong rambut keliling yang mampir, tentu membahagiakan anda yang saat ini ingin potong rambut.

Buka potong rambut juga bisa dilakukan di rumah. Saya dulu pernah potong rambut di rumah orang yang memotong rambut.

10. Jasa Les Private

Saya pernah menemukan website yang berisi orang-orang yang bersedia memberikan jasa les private di kota dimana mereka berada.

Misalnya, saat ini anda mengajar di sekolah swasta di Jakarta, maka anda bisa mencantumkan jasa private les pelajaran di website tersebut.

Saya lupa nama websitenya. Yang benar saya pernah menemukan website tersebut.

Menurut saya, usaha ini lebih tepat jika dilakukan lewat offline. Karena bisa dilakukan tanya jawab langsung dengan guru private. Penjelasannya menjadi lebih detail, sehingga murid lebih paham terhadap masalah pelajaran yang dihadapi.

Saya pernah ikut memberikan jasa les private dengan cara mengikuti di suatu lembaga yang didirikan oleh seorang ibu.

Ibu ini menawarkan jasanya lewat brosur dan memasang jasanya di buku telpon yang biasa diberikan kepada para pelanggan telkom.

Kemudian dari satu guru les ditularkan ke guru les lainnya. Guru-guru les ini adalah para mahasiswa atau seorang yang bisa memberikan pengajaran kepada para murid yang mendaftarkan diri di les private tersebut.

Saya melihat banyak orang yang melakukan hal ini. Bahkan ketika saya bekerja di Jakarta, teman saya ada yang bekerja sebagai guru les private dari satu rumah ke rumah lainnya.

Jam les private biasanya setelah sore hari, ketika anak-anak telah pulang sekolah. Sekitar jam 4 sore sampai dengan jam 8 malam.

Salah satu hal yang menarik adalah ada salah satu orang pendiri les private ini yang masih mahasiswa juga. Dia menjalankan bisnis ini dari kosan yang disewa setiap bulan. Dan orang-orang yang menjadi guru les private tersebut adalah para mahasiswa dan lulusan mahasiswa yang sedang mencari kerja.

Gimana, minat jadi guru les private?

Kesimpulan

Peluang usaha saat ini terbuka sangat luas dan selain itu banyak orang yang butuh pekerjaan juga, baik online maupun offline. Menurut pendapat saya, mari kita perkuat core competency diri masing-masing. Apa itu core competency? Mungkin bisa ngoding sambil merem tanpa lihat documennya, nah itu core competency. Dan itu butuh jam terbang, katanya 10.000 jam terbang, itu pun baru minimnya.

Bagi saudara-saudara yang sedang mencari penghasilan dan bekerja, baik di kantor atau dimanapun, mudah-mudahan tulisan ini dapat memberikan inspirasi ala kadarnya. Dan dengan kreatifitas dan kerja keras yang diperlukan, semoga allah memberi peluang usaha yang dapat menghasilkan pendapatan tetap.